Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Muslim, 5 Keistimewaan yang Wajib Diketahui

Keistimewaan Bulan Suci Ramadhan Bagi Umat Muslim, 5 Keistimewaan yang Wajib Diketahui / Instagram @muslimahraincoat_sheba

SUPERONELIGA.COM
- Bulan Ramadhan ialah bulan suci didalam agama Islam yang telah dianggap sangat istimewa sekali oleh umat Muslim diseluruh dunia.


Selama bulan ramadhan itu, semua umat Islam akan menjalankan puasa mulai dari fajar, sampai terbenamnya matahari.


Puasa, menahan diri dari segala apapun yang membatalkannya seperti makanan, minuman serta aktivitas-aktivitas yang membatalkan puasa tersebut.

Baca juga : Daftar Pemain Timnas Inggris Euro 2024, Pemain Andalan Ollie Watkins dan Harry Kane

Bulan puasa atau ramadhan mempunyai beberapa keistimewaan yang dapat membuatnya jadi waktu yang begitu berarti bagi seluruh umat Muslim.


Nah, tak perlu berlama-lama lagi, disini kami akan berbagi pengetahuan terkait lima keistimewaan di bulan ramadhan bagi umat Muslim, dikutip dari Basnaz.go.id.


5 Keistimewaan Bulan Ramadhan Bagi Seluruh Umat Muslim di Dunia

1. Kesempatan Mendekatkan Diri pada Allah

Bulan puasa atau Ramadhan itu akan memberikan suatu kesempatan baik bagi umat Muslim agar mendekatkan diri mereka kepada Allah SWT.


Caranya yaitu dengan meningkatkan amal kebaikan, beribadah dan masih banyak lagi cara-cara yang bisa dilakukan oleh seluruh umat Muslim.


Berpuasa di bulan suci Ramadhan itu dianggap sebagai suatu ibadah yang paling sangat utama sekali serta mempunyai nilai pahala yang jauh lebih besar.

Baca juga : Hasil Klasemen Sementara Liga Voli Korea Usai Expressway Hi Pass Tumbangkan GS Caltex Tanpa Balas 3-0, Gyselle Silva dan Kawan-Kawan Makin Terpuruk

Selama dibulan Ramadhan, umat Muslim harus berusaha lebih giat lagi dalam melaksanakan ibadah shalat, membaca kitab Al-quran, bersedekah serta lakukan amal kebaikan.


2. Kebaikan dan Kemurahan Hati

Bulan Ramadhan atau bulan puasa itu mengajarkan umat Islam untuk menjadi lebih baik lagi dalam hal kemurahan hati serta berbagi antar sesama.


Dalam bulan Ramadhan, umat Muslim itu dianjurkan untuk bisa bersedekah serta membantu banyak orang yang sedang membutuhkannya.


Banyak sekali umat Muslim yang meningkatkan kegiatan sosialnya di bulan Ramadhan dengan cara melakukan amal kepada masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga : Daftar Pemain Timnas Albania Euro 2024, Pemain Andalan Jasir Asani, Taulant Seferi dan Kapten Berat Djimsiti

3. Kesempatan Meningkatkan Kesabaran serta Ketaqwaan

Berpuasa di bulan suci Ramadhan itu melibatkan rasa menahan diri dari adanya makanan, minuman serta aktivitas yang dapat membatalkan puasa.


Hal itu membantu seluruh umat Muslim dalam meningkatkan kesabaran mereka menghadapi cobaan sehari-hari dan juga tantangan.


Selain itu, berpuasa mendorong umat Muslim meningkatkan ketqwaannya yakni dengan kesadaran akan adanya Allah SWT serta kewajiban agama yang harus dijalankan.

Baca juga : Hasil Balap Sprint Race MotoGP Qatar 2024: Jorge Martin Berhasil Meraih Podium Perdana, Binder dan Espargaro Ngekor di Belakang

4. Waktunya Introspeksi serta Pembersihan Diri

Bulan Ramadhan itu memberikan sebuah kesempatan besar bagi seluru umat Muslim guna merefleksikan diri mereka sendiri.


Contohnya memperbaiki perilaku sehari-hari mereka, kemudian membersihkan hati mereka yang sifatnya negatif atau buruk.


Selama bulan tersebut, umat Muslim diharapkan bisa menjauhi perilaku buruk, misalnya berkata kasar, berbohong atau mengumpat.

Baca juga : Profil Lengkap Muhammad Rian Ardianto, Atlet Bulu Tangkis atau Badminton Asal Indonesia

Bulan Ramadhan merupakan waktu yang sangat tepat untuk meningkatkan kesadaran serta berupaya untuk menjadi lebih baik lagi.


5. Momen Bersatudalam Beribadah

Bulan Ramadhan itu menciptakan sebuah ikatan sosial yang sangat kuat diantara sesama umat Muslim diseluruh dunia.


Selama dibulan Ramadhan, banyak kegiatan ibadah yang dilakukan secara bersamaan, misalnya shalat tarawih, buka puasa bersama teman maupun keluarga dan lain sebagainya.

Baca juga : Profil Lengkap Apriyani Rahayu, Atlet Bulu Tangkis atau Badminton Asal Indonesia

Kesimpulannya yaitu Bulan Ramadhan waktu yang paling tepat untuk lebih taat kepada ajaran-ajaran Islam serta membersihkan diri dari adanya sifat-sifat syetan yang terkutuk.***

Posting Komentar

Jangan lupa beri komentar positif untuk artikel ini

Lebih baru Lebih lama